Piala AFF U-19, Indonesia Jadi Tim Tersubur, Tapi Digagalkan Aturan Head to Head

By Abdi Satria


nusakini.com-Bekasi-Perjuangan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 berakhir dengan tragis. Status tim tersubur dengan torehan 17 gol tidak mampu mengantarkan mereka ke fase selanjutnya.

Aturan head-to-head yang baru diketahui beberapa waktu lalu membuat tuan rumah meringis. Sekalipun mengumpulkan poin yang sama dengan Thailand dan Vietnam, mereka tetap kalah karena aturan tersebut.

Saat menghadapi Thailand dan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 hanya bermain imbang tanpa gol. Sementara di laga pamungkas grup, kedua rivalnya bermain imbang 1-1 yang mana itu membuat Indonesia jadi tim paling bawah di klasemen kecil.

Walaupun cukup disayangkan, kegagalan anak asuh Shin Tae-yong ini tak perlu diratapi berlebihan. Mereka cukup membenahi diri jelang pentas terbesar yang sudah lama dinantikan, Piala Dunia U-20 2023.

Beberapa catatan penting dari lini depan Timnas Indonesia U-19 bisa dipetik sebagai bahan evaluasi. Apa saja yang bisa kita tangkap dari penampilan Hokky Caraka dkk? Berikut ulasan selengkapnya.

Timnas Indonesia U-19 memang berhasil menjadi tim tersubur dengan koleksi 17 gol. Tapi, torehan itu dibuat saat menghadapi tim-tim 'lemah'. Brunei Darussalam, Filipina, dan Myanmar sudah lama dikenal sebagai lumbung gol bagi lawan-lawan mereka.

Namun, saat menghadapi Thailand dan Vietnam, Tim Garuda Nusantara terlihat masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Mereka sama sekali tak bisa berkutik dengan pengawalan berlapis pemain bertahan lawan.

Ketika tampil di Piala Dunia U-20 nanti, Indonesia akan menghadapi tim yang memiliki dua hingga tiga level di atas mereka. Bermain efisien dan efektif jadi sebuah keharusan jika mereka ingin berbicara lebih banyak di pentas tertinggi internasional. (bola.com)